Friday, March 18, 2011

Browser Android Kalahkan iPhone 4, Apple Protes



Jakarta - Sebuah tes yang dilakukan perusahaan bernama Blaze Software membuat Apple panas. Pasalnya, hasil uji coba kecepatan browser antara iPhone 4 dan ponsel Android Nexus S dikatakan menghasilkan Nexus S sebagai jawaranya.

Blaze menyatakan, kedua ponsel sejatinya sama cepat. Namun Android rata-rata sekitar sedetik lebih cepat dalam mengunduh halaman web. Hasilnya, ketika diujicoba mengaskes sekitar 1.000 website, Nexus S membuka halaman web lebih cepat di 84% situs. Sedangkan iPhone 4 cuma menang di 16% obyek uji coba.

Hasil ini tidak diterima Apple yang menilai tes Blaze cacat. Sebab, Blaze sesungguhnya tidak secara langsung memakai browser Safari di iPhone 4 dalam uji coba. Namun mereka memakai aplikasi sendiri, yang dengan demikian tidak memanfaatkan fitur yang sudah ada di Safari untuk meningkatkan performa web.

"Meski ada cacat uji coba yang fundamental ini, mereka hanya menemukan perbedaan sekitar sedetik dalam loading halaman web," ucap juru bicara Apple, Trudy Muller, seperti dikutip detikINET dari ComputerWorld, Jumat (18/3/2011).

Browser Safari di iOS 4.3 memang memiliki beberapa peningkatan. Misalnya engine Nitro baru untuk meningkatkan performa dalam menjalankan program berbasis JavaScript. Sedangkan tes yang dilakukan Blaze melalui embedded browser UIWebView, dikatakan tidak memiliki penambahan fitur seperti di Safari.

Courtesy of detik.com

No comments:

Post a Comment